Click here to open your Bible

Photobucket

July 4, 2009

Pelajaran Harvest Tri 2-Kuasa Doa sesi 4

Pdt. Priskila Paksoal, M.Div

Diringkas dari Pelajaran Harvest Tri 2-Kuasa Doa sesi 4

Perkauan Bajem GKII Rehobot Cikarang Baru

1 Juli 2009


12 Bagian Doa

Doa merupakan penghubung antara hati kita dengan Allah.Bagaimana kita dapat mengembangkan/mempraktekkan Satu Jam Doa kita setiap hari dengan kuasa dan efektif. Doa harus sistematis, direncanakan dan lengkap. Hidup kita dalam peperangan rohani setiap saat. Kita telah dilengkapi dengan senjata-senjata ilahi untuk melakukan peperangan rohani. Medan perang kita adalah Doa.

“ dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,” (Efesus 6:18 TB)

“ 40 Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku? 41 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah."” (Matius 26:40-41 TB)



Dalam sehari kita memiliki waktu 24 jam

1 jam bersama Allah

8 jam tidur

10 jam kerja

5 jam(????)……Komsel 2jam, Pemuridan 2 jam, 1 jam ???



Ada 12 bagian Doa yang kita harus praktekkan, sehinggga kita akan menikmati perlengkapan senjata rohani yang tersiap.Siap pakai. Siap tempur dengan musuh yang tidak terlihat oleh kasat mata.


1. PUJIAN

Doa Bapa kami dimulai dengan : Bapa Kami yang ada di sorga, dimuliakanlah kiranya namaMu…(mat 6:9)

Pujiaan adalah mengakui tentang siapakah Dia, dan harus diucapkan. Maz 63:4.

Satu-satunya cara untuk mengenal Tuhan lebih dekat ialah menghabiskan waktu dengan Dia melalui firmanNya. Kita mendeklarasikan tentang Dia.Mengakui sifat Allah, keberadaan Allah dan meninggikan namaNya.


2. MENANTIKAN TUHAN: MENGASIHI TUHAN SAJA( SILENTLY, SURRENDER TO GOD.TO REST IN GOD) Maz 46:11

Be still and know that I’m God. Just be quiet and focus on God. Just to love and focus on God.St. Fransisco de pietro de bernardo. (St. Fransicus Asisi). He Loves God.Suatu hari ia naik kuda,ayahnya sangat kaya. Di ikatpinggangnya ada sekantong emas. Di tikungan jalan ada seorang kusta yang borok.Penyakit ini menular. Bahkan Kuda juga terkejut.Francis melihat orang lepra ini. Ia ingin berbelok, tapi Tuhan menyatakan diri padanya.Allah melihat keadaannya lebih buruk dari org lepra ini. Akhirnya ia loncat dari kuda nya, lalu ia memeluk dan mencium orng kusta itu, lalu memberikan emasnya padanya,mulai sekrang saya tidak punya apa-apa, dan saya hanya mau melayani Allah.kehidupan doanya luar biasa. Ia suka berdoa di Gua( 8-10 jam).Dan kata yang sering keluar dari mulutnya….God…oh God.Sikap menanti-nantikan Tuhan atau berdiam diri dihadapan Tuhan adalah menyatakan KASIHmu bagiNya.


3. PENGAKUAN

Mengijinkan dan membiarkan Allah menyucikan diri kita dari dosa. Waktu kita terima Yesus, dosa-dosa kita sudah diampuni.Pengakuan berarti mengakui bahwa diri kita bersalah. Maz 139:23: setuju dengan Allah mengenai sesuatu. ARtinya ketika Roh Kudus menyatakan dosa-dosa kita, kita harus setuju.Lalu berdoa Tuhan tolonglah saya, bebaskan saya, tolonglah agar saya tidak mengulangi lagi perbuatan itu.Ada sesuatu yang pasti terjadi waktu kita mengaku, agar kita dapat datang padaNya tanpa halangan


4. MENDOAKAN FIRMAN TUHAN

Artinya mengklaim firman Tuhan didalam doa kita.

Perhatikan kuasa firman Tuhan Yer 23:29.Firman Tuhan seperti api dan palu yang menghancurkan bukit batu. Efesus 6—menyatakan perlengkapan senjata Allah.

Pedang Roh yaitu Firman Allah….dapat dibawa dan nyata.The word of God destroy satan’s work.

Boleh baca Kitab Mazmur pasal 1…dst.


5. BERJAGA-JAGA

Mengembangkan kepekaan kehadiran Roh kudus dalam doa kita(Kolose 4:2).mengembangkan kesigapan yang suci/kudus dalam doa-doa kita.Kesimpulannya: ambil waktu berpikir untuk berdoa sesuai dengan tuntunan Roh..Mat 26:41. Sigap apa yang RohKudus mau kita doakan. Apa yang sebenarnya terjadi di kota saya?di negara saya? Di dunia? Di ladang misi? Di tetangga saya?


6. SYAFAAT

Mendoakan orang lain. Mengingat orang lain dalam doa. Berperang untuk orang lain. Bayangkan setan mendekat kea rah teman saudara……(mungkin setan mau menyakiti, bahkan membinasakan) mereka. Anda pergi mengantarai teman Anda dengan Setan. Setan melihat Anda dan Anda berhadapan dengan Setan dengan membawa Firman Allah. Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, 2 untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan.” (1 Timotius 2:1-2 TB)Doa untuk mereka yang pegang otoritas, agar mereka dengar kabar baik Yesus Kristus.


7. PETISI-= Doa pribadi/permohonan pribadi

Beberapa orang Kristen hanya tahu doa seperti ini saja. Matius 7:7; Filipi 4:6; Yoh 16:24

8. PENGUCAPAN SYUKUR
1 Tes 5:18

9. BERMAZMUR = nyanyian hati

Bermazmur adalah membuat melodi dalam doa kita. Menambahkan melodi pada beberapa bagian dari doa kita. Dapat mengambil beberapa Mazmur dan membuat melodi sendiri. Efesus 5:18-19

Bisa beri tanda pada Alkitab. Mazmur 119 paling panjang.

10. MEDITASI

Memusatkan pikiran kita kepada Allah di dalam doa. Memusatkan pikiran kita pada jalan-jalanNya, dan kepada firmanNya( Yosua 1:8)Meditasi/merenungkan…= seperti pemamah biak.

11. MENDENGARKAN ALLAH(Efesus 1:16-17)

Mendengarkan suara Tuhan di dalam doa. Mendengarkan Dia berbicara kepada kita tentang hal-hal yang harus kita lakukan setiap hari

12. PUJIAN

Kesimpulan: pujian berarti memuliakan Allah dengan suara Mazm71:15

Kita memulai doa kita dengan meninggikan Allah dan kita mengakhiri doa kita dengan memuji Dia karena kesetiaan dan keilahianNya sebagai respon dari doa-doa kita.

Last Posts

Kalender Kegiatan Gereja

Jadwal kegiatan dapat berubah sewaktu-waktu, mohon menghubungi gereja untuk informasi lebih lanjut.

Kegiatan Mingguan Gereja

Kebaktian Umum Hari Minggu
I. 06:00 WIB II. 10:00 WIB III. 17:00 WIB

Ibadah Pemuda, Setiap Hari Minggu 19:30 WIB

Ibadah Remaja, Setiap Hari Rabu 19:00 WIB

Ibadah Sekolah Minggu, Setiap Hari Minggu, bertempat di:
TWA 08:00, Vila Mas Indah 08:00, Mulaksakti 08:00, Duta Harapan 08:00, Vila Indah Permai 08:00, Vila Mutiara Gading 2 08:00

Doa Subuh Setiap Hari bertempat di gereja jam 04:45 WIB

Ibadah Doa Perkauan Setiap Hari Jumat bertempat di gereja jam 14:00 WIB

Kelompok-kelompok sel, Senin-Jumat bertempat di rumah-rumah jemaat jam 19.00 WIB

Ibadah Persimas (Jadwal mohon memperhatikan pengumuman hari minggu)

Ibadah Perkaria (Jadwal mohon memperhatikan pengumuman hari minggu)

Ibadah Perkauan (Jadwal mohon memperhatikan pengumuman minggu)

Doa Perkaria Setiap Hari Sabtu bertempat di gereja jam 06:00 WIB

Latihan Paduan Suara Anak Setiap Hari Senin bertempat di gereja jam 18:30 WIB

Latihan Paduan Suara Dewasa Setiap Hari Selasa bertempat di gereja jam 20:00 WIB

Jadwal Ibadah Minggu, cabang GKII Rehobot

Kota Legenda
Dukuh Zamrud Ruko No. 19-20,
Jam 09.00 & 18.00
Pdt. Muchlis Sriyanto, S.Th.

Babelan
Jl. Merdeka Dalam V No.2
Jam 10.00
Pdt. Albinus No'e

Cikarang Baru
Jl. Puspita 12 T3/No.63. Cikarang Baru
Jam 08.00
Ev. Himawan Berlianto

Marturia
Harapan Indah Ruko EL/16
Jam 09.00 & 17.00
Pdt. Melkior Hadi, S.Th.

Gunung Putri
Ruko Blok KA I No.5, Perum Vila Nusa Indah III
Bojongkulur, Gunung Putri, Bogor
Pdt.Yohanes Ndapamuri, M.Th.
Jam 10.00 & 17.00

Pos PI Vila Mutiara Gading Timur 2
Perum Mutiara gading Timur 2 Blok N2 No.32
Mustika Jaya, Bekasi
Ev. Petrus Frans, S.Th
Jam 10.00