Click here to open your Bible

Photobucket

June 20, 2010

Khotbah Minggu, 20 Juni 2010

BARNABAS ANAK PENGHIBURAN


Minggu ini kita akan soroti kehidupan seorang pria yang bernama Barnabas. Dibanding dengan Petrus, Paulus memang Barnabas tidak termasuk menonjol dan popular. Dia bukan salah satu dari Rasul, tetapi dikalangan Rasul merupakan seorang yang punya reputasi baik. Siapa Barnabas? Pemunculan pertama kali tokoh Barnabas didalam Kisah Rasul 4:36-37 “Demikian pula dengan Yusuf, yang oleh rasul-rasul disebut Barnabas, artinya anak penghiburan, seorang Lewi dari Siprus. Ia menjual ladang miliknya, membawa uang itu dan meletakkannya didepan kaki rasul-rasul”. Barnabas sebelumnya dikenal dengan nama Yusuf, namun dengan alasan yang kuat nama Yusuf diganti dengan nama Barnabas yang berarti anak penghiburan.

Dan ternyata dalam perjalanan hidup dan pelayanannya Barnabas membuktikan diri sebagai seorang yang kehadirannya selalu mendatangkan penghiburan. Kapankah ia sungguh menjadi penghibur. Ia menjadi penghibur saat:

1. Hadir dalam jemaat :

Kapan Barnabas bertobat dan percaya serta menjadi anggota dalam jemaat? Tidak ada informasi yang jelas.

Dalam Kis 4:36-37 namanya pertama kali disebutkan, sebagai seorang Lewi yang berasal dari Siprus

Barnabas adalah satu diantara anggota jemaat yang siap menjualkan tanah miliknya dan membawa uangnya untuk para rasul

Dalam edisi Firman Allah yang hidup ayat Kis 4:37 Ia salah seorang yang menjual ladangnya dan uang hasil penjualan ladang itu dibawanya kpd para rasul utk dibagikan kpd yg berkekurangan.

Jadi jelas kehadirannya sangat terasa menjadi pehiburan bagi jemaat terutama bagi mereka yang berkekurangan

2. Hadir dalam kalangan mereka yang rindu melayani

Saat seorang baru percaya & mau bergabung dengan orang percaya lainnya, ini sesuatu yg tidak mudah, karena sering terjadi penolakan, kecurigaan.

Pengalaman Paulus, Latar belakang pengalaman Paulus yg hitam membuat tidak mudah baginya untuk bisa bergabung dengan jemaat dan terutama para Rasul.

Kis 9:19b-23 “… Akan ttp Saulus semakin besar pengaruhnya & ia membingungkan org Yahudi yg tinggal di Damsyik krn ia membuktikan, bahwa Yesus adalah Mesias…” Barnabas adalah org yg pertama kali melihat kesungguhan Saulus melayani Tuhan.

Kis 9:26-27 “… Tetapi Barnabas menerima dia dan membawanya kepada rasul-rasul ... bagaimana Saulus melihat Tuhan ditengah jalan dan Tuhan berbicara dgn dia & bagaimana keberaniannya mengajar di Damsyik dalam nama Yesus”. Barnabas berani menjamin dengan dirinya dan berusaha meyakinkan bhw Saulus sdh menjadi org baik & sungguh-sungguh bertobat.

Ketika Barnabas berada di Antiokhia dia tetap mengingat Paulus yang berada di Tarsus, akhirnya Barnabas menjemput Paulus mereka menjadi 1 team yg kuat & menjadikan org Antiokhia Kristen.

Pengalaman Yohanes Markus: Pada saat itu Yohanes yang disebut juga Markus belum ada prestasi tetapi Barnabas sudah melihat bahwa Markus akan dipakai oleh Tuhan.

Kis 15:35 “Paulus & Barnabas tinggal beberapa lama di Antiokhia...”. Semakin bertambah banyak yg menjadi pengajar, hal ini menunjukkan bahwa mengabarkan injil telah mereka lakukan dengan baik & tugas ini bukan hanya Hamba Tuhan saja yg berbagian tetapi semua jemaat shg semakin banyak org percaya.

Ditengah pelayanan tdk tahu dgn alasan apa Markus pulang meninggalkan pelayanan, hal ini membuat Paulus marah. Barnabas berusaha mendamaikan Markus dgn Barnabas (Kis 15:37-39).

Barnabas pergi menginjil dgn Markus di wilayah Yahudi, lalu Paulus dengan Silas diwilayah non Yahudi, akhirnya ada 2 team penginjilan yang sama-sama berjalan (2 Tim 4:9).



3. Hadir jemaat yang sedang bertumbuh:

Barnabas sebagai utusan Yerusalem ke Antiokhia untuk memberitakan injil agar injil dapat disebarkan, seperti kita ketahui Yerusalem adalah pusat sembahyang orang Yahudi sehingga barangsiapa menjadi utusan Yerusalem pastilah dia orang penting.

Kis 11:19-26 “… Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhia lah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen”.

Barnabas utusan Yerusalem bersama dgn Paulus melayani di Antiokhia menghasilkan 3 org pengajar, Kis 13:1 “Pada waktu itu dalam jemaat di Antiokhia ada beberapa nabi & pengajar, yaitu: Barnabas & Simeon yg disebut Niger, Lukius orang Kirene, & Menahem yg diasuh bersama dgn raja wilayah Herodes dan Saulus”.



4. Hadir dalam perintisan jemaat

Bahkan Roh Kudus sendiri mengutus Barnabas & Saulus untuk melakukan tugas bersama didalam Kis 13:2 “… berkatalah Roh Kudus: ”Khususkanlah Barnabas & Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.” Mereka dipakai oleh Tuhan secara luar biasa. BARNABAS seorang luar biasa dimana saja ia hadir- orang menikmati kedamaian, ketentraman, & sukacita. Apakah kehadiran & pelayanan kita mendatangkan kedamaian? Di tengah keluarga, komsel & jemaat?




Pdt. Paul Paksoal, M.Div.

Last Posts

Kalender Kegiatan Gereja

Jadwal kegiatan dapat berubah sewaktu-waktu, mohon menghubungi gereja untuk informasi lebih lanjut.

Kegiatan Mingguan Gereja

Kebaktian Umum Hari Minggu
I. 06:00 WIB II. 10:00 WIB III. 17:00 WIB

Ibadah Pemuda, Setiap Hari Minggu 19:30 WIB

Ibadah Remaja, Setiap Hari Rabu 19:00 WIB

Ibadah Sekolah Minggu, Setiap Hari Minggu, bertempat di:
TWA 08:00, Vila Mas Indah 08:00, Mulaksakti 08:00, Duta Harapan 08:00, Vila Indah Permai 08:00, Vila Mutiara Gading 2 08:00

Doa Subuh Setiap Hari bertempat di gereja jam 04:45 WIB

Ibadah Doa Perkauan Setiap Hari Jumat bertempat di gereja jam 14:00 WIB

Kelompok-kelompok sel, Senin-Jumat bertempat di rumah-rumah jemaat jam 19.00 WIB

Ibadah Persimas (Jadwal mohon memperhatikan pengumuman hari minggu)

Ibadah Perkaria (Jadwal mohon memperhatikan pengumuman hari minggu)

Ibadah Perkauan (Jadwal mohon memperhatikan pengumuman minggu)

Doa Perkaria Setiap Hari Sabtu bertempat di gereja jam 06:00 WIB

Latihan Paduan Suara Anak Setiap Hari Senin bertempat di gereja jam 18:30 WIB

Latihan Paduan Suara Dewasa Setiap Hari Selasa bertempat di gereja jam 20:00 WIB

Jadwal Ibadah Minggu, cabang GKII Rehobot

Kota Legenda
Dukuh Zamrud Ruko No. 19-20,
Jam 09.00 & 18.00
Pdt. Muchlis Sriyanto, S.Th.

Babelan
Jl. Merdeka Dalam V No.2
Jam 10.00
Pdt. Albinus No'e

Cikarang Baru
Jl. Puspita 12 T3/No.63. Cikarang Baru
Jam 08.00
Ev. Himawan Berlianto

Marturia
Harapan Indah Ruko EL/16
Jam 09.00 & 17.00
Pdt. Melkior Hadi, S.Th.

Gunung Putri
Ruko Blok KA I No.5, Perum Vila Nusa Indah III
Bojongkulur, Gunung Putri, Bogor
Pdt.Yohanes Ndapamuri, M.Th.
Jam 10.00 & 17.00

Pos PI Vila Mutiara Gading Timur 2
Perum Mutiara gading Timur 2 Blok N2 No.32
Mustika Jaya, Bekasi
Ev. Petrus Frans, S.Th
Jam 10.00