Click here to open your Bible

Photobucket

March 16, 2009

KEHIDUPAN DOA PEMIMPIN BESAR KITA : YESUS KRISTUS

“ Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya."” (Lukas 11:1 TB)

  “ Lalu Ia mengajar mereka, kata-Nya: "Bukankah ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa? Tetapi kamu ini telah menjadikannya sarang penyamun!"” (Markus 11:17 TB)

  “ mereka akan Kubawa ke gunung-Ku yang kudus dan akan Kuberi kesukaan di rumah doa-Ku. Aku akan berkenan kepada korban-korban bakaran dan korban-korban sembelihan mereka yang dipersembahkan di atas mezbah-Ku, sebab rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa.” (Yesaya 56:7 TB)

 

Pendahuluan

Kita semua percaya bahwa seorang pendoa adalah pribadi yang penuh kuasa

Kita percaya bahwa gereja yang berdoa adalah gereja yang penuh kuasa

Kita percaya bahwa pemimpin pendoa adalah pemimpin yang penuh kuasa

Doa adalah sebuah kehormatan dan penuh kuasa.

 

  1. Murid-murid tidak meminta Yesus untuk mengajarkan mereka bagaimana berkhotbah,bagaimana mengusir setan, bagaimana melakukan mujizat, dan menyembuhkan. Mereka hanya minta Yesus untuk mengajar mereka’bagaimana berdoa’. Ini jugalah kerinduan kita semua, bukan?Kiranya Yesus mengajar kita berdoa.
  2. Kehidupan doa Yesus adalah merupakan satu dari kehidupannya yang paling menonjol
  3. James Stewart mengatakan bahwa:”Doa bukan saja menjadi bagian penting dari kehidupan Yesus, tapi itulah hidupNya, nafas dari keberadanNya”.
  4. Yesus adalah manusia doa 
  5. Lukas 3:21  “ Ketika seluruh orang banyak itu telah dibaptis dan ketika Yesus juga dibaptis dan sedang berdoa, terbukalah langit” (Lukas 3:21 TB). Yesus dibaptiskan dalam keadaan sedang berdoa. Ia ditenggelamkan dalam persekutuanNya dengan Allah sebelum Ia ditenggelamkan ke dalam air. Ia dipenuhi dengan (air) doa. Segera menyusul setelah baptisan itu sorga pun terbuka, dan Yesus diurapi dengan RohKudus untuk melayani.Terbukanya sorga dan urapan RohKudus akan selalu ada di lutut doa.
  6. Yesus mengkhotbahkan berita yang hebat, tetapi Ia terlebih dahulu berdoa. Yesus mengusir setan-setan, tetapi Ia terlebih dahulu berdoa. Yesus mati di salibkan tetapi Ia terlebih dahulu berdoa dengan berpeluh darah  di Taman Getsemani.
  7. Yesus hidup dalam lingkungan dan iklim doa. Seperti halnya ikan-Seekor ikan tidak akan dapat hidup tanpa doa. Sama halnya kita sebagai umat kristiani. Jika kita mengeluarkan doa dari hidup ke kristenan kita maka kita akan mati secara rohani.
  8. Hal apakah yang pertama-tama lenyap dari kehidupan seseorang, ketika seseorang menjauhi Tuhan? Kehadirannya di gereja? Tidak. Perpuluhan? Tidak. Doa adalah hal pertama yang hilang dari hidupnya.Doa bukan hanya hal yang kita katakan. Doa adalah keberadaan kita.
  9. Jika gereja mau melangkah ke depan di abad ke 21 ini, ia harus melangkah melalui ‘LUTUTNYA’. DOA adalah KUNCInya. Markus 11:17… “ Lalu Ia mengajar mereka, kata-Nya: "Bukankah ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa? Tetapi kamu ini telah menjadikannya sarang penyamun!"” (Markus 11:17 TB)
  10. Gereja harus menjadi pusat penyembahan dan doa. Berapa banyak gereja yang kita kenal hari ini yang dapat digambarkan sebagai ‘RUMAH DOA’? Gereja pada dasarnya  menjadi penggerak kegiatan dan pemberitaan. Apabila doa diberikan tempat, pada umumnya menempati urutan ke dua.
  11. RumahKu…Rumah doa diambil dari buku perjanjian Lama Yesaya 56:7. Hal ini mengekspresikan keinginan Allah terhadap Bait suciNya.Hari ini Orang Percaya adalah tempat kediaman Allah. Allah hidup di dalam kita “Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.” (Efesus 2:22 TB). Hati kita adalah ‘rumah Kristus’. Tubuh kita adalah ‘rumah Allah’ tempat kehadiran Allah. Rumah Allah harus menjadi ‘RUMAH DOA BAGI SEGALA BANGSA’. 
  12. Yesus dibaptiskan dalam doa, hidup dalam doa, bahkan mati dalam doa. Ia adalah manusia doa yang terlebih dahulu ada dari semuanya. 
  13. Lukas 5:15-16  Tetapi kabar tentang Yesus makin jauh tersiar dan datanglah orang banyak berbondong-bondong kepada-Nya untuk mendengar Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka. Akan tetapi Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa.” (Lukas 5:15-16 TB)
  14. Ia mengundurkan diriNya ke tempat yang sunyi dan berdoa.
  15. Tuhan kita mengasingkan waktuNya untuk berdoa ditengah kesibukanNya yang luarbiasa.Kehidupan yang dicontohkan Yesus jelas menggambarkan bahwa DOA HARUS  menempati prioritas utama diatas semua pelayanan. Hanya pelayanan yang ditumbuhkan dengan doa yang akan mendemonstrasikan Kuasa RohKudus.
  16. Hampir kebanyakan dari kita  telah memikul sejumlah pelayanan yang harus diselesaikan
  17. S.D. Gordon berkata:”Ada lebih banyak hal dapat diselesaikan stelah kita berdoa, tetapi sampai kita berdoa, maka tidak ada hal yang dapat kita lakukan, kecuali DOA.”
  18. “Jika kita bekerja, kita bekerja. Tapi jika kita berdoa Allah bekerja”
  19. Kehidupan dan pelayanan Kristen bergantung pada karya  Kristus di dalam kita
  20. Melalui penerapan hidup yang berdoa, kita sedang melatih kebergantungan dan Iman yang membebaskan Allah untuk melakukan apa yang Dia hendak lakukan dalam hidup kita. Latihan akan menjadikannya sempurna.
  21. Yesus berdoa karena hubunganNya dengan Bapa, dan siapa saja yang memiliki hubungan dengan Allah akan berdoa.
  22. Kita berbincang-bincang, melakukan percakapan, karena kita memiliki hubungan pribadi dengan Bapa kita
  23. Dalam cara yang sama, jika seseorang sunggung percaya Allah ada,jika ia sungguh2 mengasihi Allah, ia akan berdoa.Bagaimanakah mungkin seorang di dunia ini mengaku bahwa ia mengasihi Allah tanpa pernah melakukan percakapan dengan Dia? Hati yang berdoa adalah salah satu bukti terbesar tentang keselamatan yang murni.
  24. John Bunyan berkata :”Jika engkau bukan seorang pendoa, engkau bahkan bukan orang Kristen.”. Banyak orang di gereja mempraktekkan kehidupan ‘ateis’. Mereka katakana mereka mempercayai Allah, tapi kenyataannya tidak pernah berdoa. Dalam doa, Allah melihat ke dalam hati.
  25. “ Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah.” (Lukas 6:12 TB). Sebelum memilih ke duabelas muridNya, Yesus meluangkan waktuNya dalam doa semalam-malaman.Mungkin kita akan mengerjakan segalanya dengan baik, jika kita dengan sungguh-sungguh berdoa sebelum memilih pemimpin2 atau mengambil keputusan-keutusan di dalam hidup dan gereja kita.
  26. Ketekunan Yesus dalam doa tidak mengurangi kekuatanNya, bahkan sebaliknya hal itu menyegarkan rohNya dan membaharui kekuatanNya ( Yesaya 40:31) “ …tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.”
  27. Setiap pencapaian besar dalam kehidupan Yesus selalu di dahului oleh doa. Yesus berdoa, dan ribuan orang diberi makan. Yesus berdoa dan lazarus dibangkitkan dari kematian. Yesus berdoa dan Ia berjalan di atas air.
  28. Setiap penyelesaian pelayanan Yesus yang luar biasa telah lahir dari doa.
  29. Ia memulai pelayananNya di dalam doa, dan berdoa sepanjang jalan di Getsemani, bahkan saat kematianNya pun Yesus berdoa.Doa dari atas kayu salib member bukti bagi kita bahwa Yesus adalah manusia doa.
  30. Mengapa begitu banyak gereja yang menyebutkan dirinya orang percaya tidak memiliki pertemuan2 doa? Mengapa begitu banyak orang yang menyatakan diri orang percaya jarang berdoa? Jawabannya adalah sederhana, kita telah mendapati bahwa kita dapat merasa mampu mencapai sasaran-sasaran kita dengan kekuatan kita sendiri.” Kita tidak memerlukan Allah”.
  31. Sehingga …hidup yang tidak berdoa sesungguhnya menyatakan bentuk kesombongan dari puas dengan diri sendiri. Tetapi Yesus berkata:”Tanpa Aku, kamu tidak dapat mengerjakan apa pun”.Tidak ada nilai kekekalan dapat dilakukan terlepas dari doa.Charles Wesley berkata:”Allah tidak akan mengerjakan apa pun terlepas dari doa, apakah kita menyadarinya atau pun tidak. Kita sangat amat membutuhkan Allah untuk menyemangati kita dengan RohNya. Dan urapanNya adalah hasil dari hubungan pribadi dengan Allah.”. Doa adalah bagian yang besar dalam kehidupan Kristus. Pendiri Gereja Kemah Injil sedunia Albert Benyamin Simpson adalah manusia doa.Setiap hari ia memeluk bola dunia, hatinya sangat besar untuk misi global. Kita perlu mengkader  dan memanggil pemimpin-pemimpin untuk berdoa ‘lebih’ bagi misi global.
  32. Sementara kita berdoa untuk misi global-penginjilan dunia, Allah akan menyatakan kepada kita beban,kebutuhan yang perlu dilakukan untuk mengerjakan penginjilan dunia, untuk menginjili dunia ini. Sebagai anggota AWP(Alliance Women Phillippines), kami ingin mendorong saudaraku kaum perempuan di Indonesia untuk berdoa ‘lebih banyak lagi’ bagi misi global. Kita perlu bersatu didalam doa dan Allah akan mengerjakan mujizat2Nya yang luar biasa, karena Dia Allah penjawab doa (Yermia 33:3).
  33. Sebagai pemimpin Kristen-pemimpin rohani, kita perlu berdoa SETIAP HARI sebab pekerjaan kita adalah PEPERANGAN ROHANI dan kita membutuhkan SENJATA ROHANI untuk mengerjakan pekerjaan Allah.Kita perlu membimbing orang lain untuk berdoa ‘lebih lagi’.Kepanjangan kata dari :LEADERS memiliki arti sebagai berikut:

L: merindukan Allah setiap hari untuk kekuatan dan nutrisi rohani . Mengasihi Dia setiap hari. Seperti ‘rusa merindukan air, demikianlah jiwaku ya Tuhan’

E: Menikmati Allah setiap hari, bercakap-cakap, berbicara, menikmati sukacita berdialog dengan Allah.Pengudusan setiap hari.

A: Menghormati keberadaan Tuhan dan apa yang ia sedang kerjakan dalam hidup kita. Menerima keberadaan Tuhan, dan apa yang sedang ia kerjakan dalam hidup kita.

D: Bergantung pada Allah. Percaya dan taati Allah. Baktikan diri bagi Allah.

E: Memberdayakan RohKudus, dikuatkan oleh Kuasa RohKudus

R: istirahat di dalam Tuhan, bersukacita, bersantai di dalam Tuhan. Lakukan yang terbaik yang mampu kita lakukan, dan Ia akan melakukan sisanya.

S: tundukan dirimu sepenuhnya kepada Tuhan. Persembahkan hidupmu kepada Tuhan

Ketika kita menyerahkan hidup kita kepada Tuhan.Tuhan akan memakai kita sebagai saluran berkat Allah bagi yang lain.

 

PENUTUP

Sebagai pemimpin rohani,kita membutuhkan Tuhan dalam membimbing wanita lainnya.Terpisah dari Allah kita tidak dapat melakukan apa pun. Allah menjawab doa. Yermia 33:3 Allah sangat baik. Kita tidak dapat memindahkan gunung-gunung, tetapi jika kita berdoa, kita dapat menggerakkan hati Allah. Ia dapat memindahkan banyak gunung.

 

PENERAPAN

Sebagai pemimpin Kristen, kita akan membimbing kaum wanita untuk berdoa ‘lebih lagi’ bagi suku-suku terabaikan, berdoa bagi bangsa-bangsa agar mereka mengenal Kristus, mengasihiNya, melayani dan memuliakan Allah setiap hri, dimana saja. Biarlah bangsa-bangsa memuliakan Yesus Kristus selama-lamanya. Marilah kita bersatu berdoa bagi yang terhilang. Dalam berdoa, mari ingat jari jempol kita (THUMB) yang mewakili:

T- suku-suku

H-orang Hindu:India

U-yang tidak beragama, china,Jepang, Hongkong

M-saudara sepupu kita-Indonesia

B- orang Budha- Thailand

Sebagai wanita Kemah Injil  Filipina kami memiliki 4 P

P1: Pendoa untuk misi global

P2:Penyedia misi global

P3:Promosi misi global

P4:Perluas Promosi misi global

Semuanya untuk kemuliaan Allah

Misi Global adalah denyut jantung Allah. Kami membutuhkan doa global ketika kita berhadapan dengan krisis ekonomi global.

Mari kita berdoa untuk mempengaruhi orang lain berdoa

Mari kita menjadi contoh orang yang berdoa

Mari kita mendorong satu dengan yang lain untuk berdoa

Mari kita member insipirasi satu dengan yang lain untuk berdoa

Mari kita menjadi model sebuah hidup yang berdoa bagi mereka

Tuhan memberkati……..sampai jumpa ( Mrs Bellen Ledda-Phillipines. Translate by: Pdt. Priskila Paksoal M. Div)

Last Posts

Kalender Kegiatan Gereja

Jadwal kegiatan dapat berubah sewaktu-waktu, mohon menghubungi gereja untuk informasi lebih lanjut.

Kegiatan Mingguan Gereja

Kebaktian Umum Hari Minggu
I. 06:00 WIB II. 10:00 WIB III. 17:00 WIB

Ibadah Pemuda, Setiap Hari Minggu 19:30 WIB

Ibadah Remaja, Setiap Hari Rabu 19:00 WIB

Ibadah Sekolah Minggu, Setiap Hari Minggu, bertempat di:
TWA 08:00, Vila Mas Indah 08:00, Mulaksakti 08:00, Duta Harapan 08:00, Vila Indah Permai 08:00, Vila Mutiara Gading 2 08:00

Doa Subuh Setiap Hari bertempat di gereja jam 04:45 WIB

Ibadah Doa Perkauan Setiap Hari Jumat bertempat di gereja jam 14:00 WIB

Kelompok-kelompok sel, Senin-Jumat bertempat di rumah-rumah jemaat jam 19.00 WIB

Ibadah Persimas (Jadwal mohon memperhatikan pengumuman hari minggu)

Ibadah Perkaria (Jadwal mohon memperhatikan pengumuman hari minggu)

Ibadah Perkauan (Jadwal mohon memperhatikan pengumuman minggu)

Doa Perkaria Setiap Hari Sabtu bertempat di gereja jam 06:00 WIB

Latihan Paduan Suara Anak Setiap Hari Senin bertempat di gereja jam 18:30 WIB

Latihan Paduan Suara Dewasa Setiap Hari Selasa bertempat di gereja jam 20:00 WIB

Jadwal Ibadah Minggu, cabang GKII Rehobot

Kota Legenda
Dukuh Zamrud Ruko No. 19-20,
Jam 09.00 & 18.00
Pdt. Muchlis Sriyanto, S.Th.

Babelan
Jl. Merdeka Dalam V No.2
Jam 10.00
Pdt. Albinus No'e

Cikarang Baru
Jl. Puspita 12 T3/No.63. Cikarang Baru
Jam 08.00
Ev. Himawan Berlianto

Marturia
Harapan Indah Ruko EL/16
Jam 09.00 & 17.00
Pdt. Melkior Hadi, S.Th.

Gunung Putri
Ruko Blok KA I No.5, Perum Vila Nusa Indah III
Bojongkulur, Gunung Putri, Bogor
Pdt.Yohanes Ndapamuri, M.Th.
Jam 10.00 & 17.00

Pos PI Vila Mutiara Gading Timur 2
Perum Mutiara gading Timur 2 Blok N2 No.32
Mustika Jaya, Bekasi
Ev. Petrus Frans, S.Th
Jam 10.00