Click here to open your Bible

Photobucket

January 18, 2009

Pengajaran tentang pengampunan


Mazmur 32:1-10


PENDAHULUAN
1. Carilah pengajaran dan kesaksian:Yang berbicara sesuai dengan perkataan itu-– memilki masa depan (baginya tidak terbit fajar)
2. Baca Maz 32:1-10 Pengajaran – Raja Daud yang dituangkan dalam Mazmur
3. Pengalaman Daud saat menikmati pengampunan atas dosanya
Pengalamanan ini mau diajarkan kepada kita – tentang PENGAMPUNAN
4 PENGAJARAN
I. ORANG YANG HIDUP DALAM PENGAMPUNAN HIDUP DALAM KE BAHAGIAAN:
1 Dari Daud. Nyanyian pengajaran. Berbahagialah orang yang diampuni pelanggarannya, yang dosanya ditutupi!
2 Berbahagialah manusia, yang kesalahannya tidak diperhitungkan TUHAN, dan yang tidak berjiwa penipu!
ALASAN BAHAGIA
1. Saat diampuni – Dosa dilupakan
“ Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu.” (Yes 43:25 )
2. Saat diampuni - Dosanya ditutupi
Engkau telah mengampuni kesalahan umat-Mu, telah menutupi segala dosa mereka. Sela” (MaZ 85:2)
3. Saat diampuni - Dosanya disucikan
Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.” (Yesaya 1:18
II. ORANG YANG HIDUP dalam DOSA HIDUP DIBAWAH TEKANAN
3 Selama aku berdiam diri, tulang-tulangku menjadi lesu karena aku mengeluh sepanjang hari; 4 sebab siang malam tangan-Mu menekan aku dengan berat, sumsumku menjadi kering, seperti oleh teriknya musim panas. Sela
1. DEFINISI DOSA :
· 1 Yoh 3:4 ….. sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah.
· 1 Yoh 5:17 Semua kejahatan adalah dosa
· Yak 4:17 Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.
2. APA YANG MENEKAN?
a. Allah Ay 4 TanganMu menekan aku dengan berat
Maz 38:3-4: sebab anak panah-Mu menembus aku, tangan-Mu telah turun menimpa aku.
b. Dosa : Bil 32:23 Tetapi jika kamu tidak berbuat demikian, sesungguhnya kamu berdosa kepada TUHAN, dan kamu akan mengalami, bahwa dosamu itu akan menimpa kamu.
3. Akibat tekanan tsb
AY 3 Aku mengeluh sepanjang hari :
· BIS Maz 32:3 Selama aku tidak mengakui dosaku, aku merana karena mengaduh sepanjang hari.
· Maz_38:8 Aku kehabisan tenaga dan tidak berdaya; aku mengerang dalam keputusasaan.
· Yes_59:11; Kami sekalian meraung seperti beruang; suara kami redup seperti suara burung merpati;
4. Apa bentuk penderitaan /tekanan:
a. Tulang menjadi lesu (3)
· Kasihanilah aku, TUHAN, sebab aku merana; sembuhkanlah aku, TUHAN, sebab tulang-tulangku gemetar,” (Maz 6:2 )
· Tidak ada yang sehat pada dagingku oleh karena amarah-Mu, tidak ada yang selamat pada tulang-tulangku oleh karena dosaku;” (Maz 38:3)
b. Sumsumku menjadi kering (4)
BIS tenagaku habis seperti diserap terik matahari.
· Kehabisan tenaga
III CARA UNTUK MEMPEROLEH PENGAMPUNAN
5 dosaku kuberitahukan kepada-Mu dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan; aku berkata: "Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku," dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku. Sela
1. HAL YANG HARUS DILAKUKAN: (2)
a. Dosaku kuberitahukan kepada Tuhan
Daud : “ Lalu berkatalah Daud kepada Natan: "Aku sudah berdosa kepada TUHAN." (2 Sam 12:13 TB)
Anak bungsu :
“ Kata anak itu kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa, aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa.” (Lukas 15:21
b. Kesalahanku tidak kusembunyikan
· “ Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.” (Amsal 28:13)
2. Terimalah pengampunan Allah
“Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. (1 Yohanes 1:9
· Mengaku segala dosa
· Mengampuni segala dosa dan menyucikan segala kejahatan
o Apapun besarnya dosa kita
· Alasan Ia mengampunani:
· KASIH setianya BERLIMPAH :“ Sebab Engkau, ya Tuhan, baik dan suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepada-Mu.” (Maz 86:5 )
· PENYAYANG DAN PENGASIH
Tetapi Engkau, ya Tuhan, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih dan setia.” (Maz 86:15 )
· PENGAMPUN DAN PENYEMBUH “ Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu,” (Maz 103:3)
IV HIDUP SETELAH MEMPEROLEH PENGAMPUNAN
1. HIDUP DALAM DOA
6 Sebab itu hendaklah setiap orang saleh berdoa kepada-Mu, selagi Engkau dapat ditemui; sesungguhnya pada waktu banjir besar terjadi, itu tidak melandanya.
· Orang saleh berdoa kepada Tuhan - Selagi Dia bisa ditemui
o Dampaknya luput dari bencana sesungguhnya pada waktu banjir besar terjadi, itu tidak melandanya.
o Ibrani 4:16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.
o Pengalaman Petrus : Matius 26:41 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah."
2. HIDUP MENGANDALKAN ALLAH
7 Engkaulah persembunyian bagiku, terhadap kesesakan Engkau menjaga aku, Engkau mengelilingi aku, sehingga aku luput dan bersorak.
· Jadikanlah Tuhan sebagai andalan – tempat persembunyian
· Bukan kekuatan sendiri, kemampuan sendiri
· Disana : terjaga, luput
Mazmur 34:9Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya TUHAN itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya!”
o FIRMAN PERISAI “ Engkaulah persembunyianku dan perisaiku; aku berharap kepada firman-Mu.” (Maz 119:114)
o ANUGERAHNYA PERISAI : Sebab Engkaulah yang memberkati orang benar, ya TUHAN; Engkau memagari dia dengan anugerah-Mu seperti perisai.” (Maz 5:13)
3. HIDUP BELAJAR DARI PENGALAMAN :
8 Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu.
9 Janganlah seperti kuda atau bagal yang tidak berakal, yang kegarangannya harus dikendalikan dengan tali les dan kekang, kalau tidak, ia tidak akan mendekati engkau.
· Pelajaran yang terbaik bagi kita adalah pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain.
· Sering orang harus dipaksa agar jadi penurut – kuda/bagal yg tidak berakal – garang : penurut kalau gunakan kekang (tali les)
· “ Kita mengenakan kekang pada mulut kuda, sehingga ia menuruti kehendak kita, dengan jalan demikian kita dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.” (Yak 3:3 )
o Israel : tidak belajar dari pengalaman -
· Yoh 5:14 Kemudian Yesus bertemu dengan dia dalam Bait Allah lalu berkata kepadanya: "Engkau telah sembuh; jangan berbuat dosa lagi, supaya padamu jangan terjadi yang lebih buruk."
KESIMPULAN :
Pelajaran yang diajarkan Daud kepada kita melalui pengalamannya :
1. Hidup dalam pengampunan – hidup dalam kebahagian
2. Hidup dalam dosa – hidup di bawah tekanan
· Allah menekan kita
· Dosa menekan kita
3. Cara untuk memperoleh pengampunan
· Pengakuan
· Jangan menyembunyikan dosa
4. Tanggung jawab setelah pengampunan :
· Hidup dalam doa
· Hidup andalkan Tuhan
· Hidup belajar dari pengalaman

Last Posts

Kalender Kegiatan Gereja

Jadwal kegiatan dapat berubah sewaktu-waktu, mohon menghubungi gereja untuk informasi lebih lanjut.

Kegiatan Mingguan Gereja

Kebaktian Umum Hari Minggu
I. 06:00 WIB II. 10:00 WIB III. 17:00 WIB

Ibadah Pemuda, Setiap Hari Minggu 19:30 WIB

Ibadah Remaja, Setiap Hari Rabu 19:00 WIB

Ibadah Sekolah Minggu, Setiap Hari Minggu, bertempat di:
TWA 08:00, Vila Mas Indah 08:00, Mulaksakti 08:00, Duta Harapan 08:00, Vila Indah Permai 08:00, Vila Mutiara Gading 2 08:00

Doa Subuh Setiap Hari bertempat di gereja jam 04:45 WIB

Ibadah Doa Perkauan Setiap Hari Jumat bertempat di gereja jam 14:00 WIB

Kelompok-kelompok sel, Senin-Jumat bertempat di rumah-rumah jemaat jam 19.00 WIB

Ibadah Persimas (Jadwal mohon memperhatikan pengumuman hari minggu)

Ibadah Perkaria (Jadwal mohon memperhatikan pengumuman hari minggu)

Ibadah Perkauan (Jadwal mohon memperhatikan pengumuman minggu)

Doa Perkaria Setiap Hari Sabtu bertempat di gereja jam 06:00 WIB

Latihan Paduan Suara Anak Setiap Hari Senin bertempat di gereja jam 18:30 WIB

Latihan Paduan Suara Dewasa Setiap Hari Selasa bertempat di gereja jam 20:00 WIB

Jadwal Ibadah Minggu, cabang GKII Rehobot

Kota Legenda
Dukuh Zamrud Ruko No. 19-20,
Jam 09.00 & 18.00
Pdt. Muchlis Sriyanto, S.Th.

Babelan
Jl. Merdeka Dalam V No.2
Jam 10.00
Pdt. Albinus No'e

Cikarang Baru
Jl. Puspita 12 T3/No.63. Cikarang Baru
Jam 08.00
Ev. Himawan Berlianto

Marturia
Harapan Indah Ruko EL/16
Jam 09.00 & 17.00
Pdt. Melkior Hadi, S.Th.

Gunung Putri
Ruko Blok KA I No.5, Perum Vila Nusa Indah III
Bojongkulur, Gunung Putri, Bogor
Pdt.Yohanes Ndapamuri, M.Th.
Jam 10.00 & 17.00

Pos PI Vila Mutiara Gading Timur 2
Perum Mutiara gading Timur 2 Blok N2 No.32
Mustika Jaya, Bekasi
Ev. Petrus Frans, S.Th
Jam 10.00